Wednesday, December 19

Crab with Tamarine Sauce [Kepiting Saus Asem]

Gb 1. Mr Crab ^_^
Seafood....hmmmmm..... I love it.

Saya suka makan kepiting, tapi ini adalah kepiting pertama saya yang saya masak sendiri.

Setelah melihat acara masaknya Luke Nguyen, anak saya langsung minta dimasakin si blue simmer crab.

Ini resep yang saya pakai berdasarkan pada resep yang dipakai Luke Nguyen.



Bahan:
1. 1 buah blue crab. Kupas cangkangnya, buang bagian yang kuning2. Lepas semua kaki-kakinya. Badannya dipotong 4 bagian. Untuk cangkang kakinya, pukul-pukul sampai retak/pecah sedikit, biar bumbunya masuk. Kaki jangan dibuang, karena didalamnya ada dagingnya.

2. 2 buah bawang putih, cincang kasar. (Geprek, lalu diiris-iris)
3. 1 bawang merah, iris tipis
4. 1/2 bombay, iris jadi 6 bagian panjang-panjang
5. 10 lembar daun kemangi
6. 1 cabai merah, iris serong
7. Minyak goreng untuk menumis

Untuk bahan sausnya:
1. 6 sendok makan pasta asam (tamarine paste). bisa pakai air asam.
2. 1 sdm saus ikan. Saya tidak pakai, saya ganti dengan 1 sdt garam
3. 1 sdm gula merah

Cara membuat:
1. Campur jadi satu semua bahan saus, aduk rata dan rasakan. Apa yang kurang (manis/asin), silahkan ditambah sesuai dengan selera.
2. Panaskan wajan dan minyak. Tumis bawang putih dan merah sampai harum.
3. Masukkan kepiting dan aduk-aduk sampai kepiting berubah warna menjadi merah.
4.  Masukkan sausnya dan aduk sebentar.
5. Masukkan bawang bombai, aduk lagi.
6. Masukkan kemangi dan cabai merah. Aduk sebentar dan matikan kompor.
7. Siap disajikan.
8. Selamat makan ^_^

Waktu untuk memasak kepiting ini sangat cepat dan memang tidak perlu lama. Daging kepiting masih  juicy/moist dan tidak kering. Jika anda memasaknya terlalu lama, daging kepiting akan kering dan sedikit keras.

Disarankan untuk punya gunting kepiting, ini akan memudahkan ketika makan. (Saya belum punya :D )

No comments:

Post a Comment