Saturday, June 29

Angsle/Cemoe

Gb 1. Angsle/Cemoe
Angsle, begitulah nama ini saya kenal ketika saya mulai tinggal di Malang. Namun, di desa saya, semua orang mengenalnya dengan nama cemoe. Semuanya sama, hanya beda nama saja. Beverage yang satu ini memang cocok disajikan di musim dingin ini.

Niat ingin membuatnya sudah lama dan tertunda karena capek. Dan setelah berhasil membuat list user requirement dari isi yang diinginkan. Akhirnya terwujudlah niat membuat angsle/cemoe ini. Tentunya ada modifikasi sana sini sesuai keinginan saya :)



Inilah perkiraan saya tentang cemoe yang saya buat.
Bahan:

Kuah:
1. 155 ml santan kental
2. 250 ml susu cair
3. 500 ml air
4. 1/2 cup gula pasir
5. 1 sdt jahe bubuk
6. 1 sdt vanila bubuk
7. 1 tetes pasta pandan
8. 2 jari jahe segar (panjangnya), geprek.
9. 1 sdt garam

Isi:
1. 1 cup ketan hitam (bisa pakai ketan putih, biasanya sih memakai ketan putih)
2. 1 cup kacang hijau
3. 2 atau 3 lembah roti tawar
4. 1 cup kacang tanah mentah
5. 2 sdt garam


Mulai membuat setelah semua persiapan selesai:
1. Saya merebus air putih yang agak banyak, kira-kira sekitar 1,5 liter.
2. Masukkan semua bahan kuah ke dalam panci, kecuali air. Aduk rata.
3. Setelah air mendidih, tuang air ke campuran kuah, aduk rata dan rebus sampai mendidih namun tidak pecah. Sering-sering diaduk. Setelah mendidih, disaring.
4. Ketan hitam saya rendam dengan air panas. Selagi saya merebus kuahnya.
5. Kacang hijau juga boleh direndam dengan air panas.
6. Biasanya, ketannya itu dikukus. Karena saya malas dengan cucian panci dan dandang yang banyak, akhirnya ketannya saya rebus saja sampai empuk plus garam satu sendok teh. kalau airnya habis, saya tambahi dengan air panas.
7. Untuk kacang hijau juga demikian, saya rebus sampai empuk. Tips untuk merebus kacang hijau supaya cepat empuk adalah, sebelum direbus, kacang hijau dicuci. Kemudian diremas-remas dengan satu sendok teh garam. Kemudian cuci bersih lagi, dan rebus sampai empuk.
8. Sangrai kacang tanah di wajan.
9. Roti tawarnya dipotong kotak-kotak kecil.

Yuk mulai penyajian:
1. Atur ketan dan kacang hijau dalam mangkuk saji.
2. Siram dengan kuah yang panas.
3. taburi dengan roti tawar dan kacang.
4. Selamat dinikmati :)

Memang enak dimakan selagi panas ;)
Namun, bila cuaca panas, minuman ini tinggal ditambah dengan es batu pasti juga seger ;)

Selamat mencoba ^_^

No comments:

Post a Comment