Wednesday, May 7

Chocolate Scones

Gb 1. Chocolate Scones

Setelah melihat postingan teman di FB dan browsing-browsing resepnya, akhirnya saya beranikan diri membuat scones ini.
Ternyata caranya mudah, hanya butuh trik-trik sedikit untuk mengakalinya :)

Resep:

Bahan:
1. 260 gr terigu
2. 50 gr gula pasir
3. 1,5 sdt baking powder (saya pakai 3 sdt)
4. 1/4 sdt garam
5. 113 gr mentega dingin dan keras, potong dadu. (saya pakai 100gr spread butter, dan saya taruh di freezer sebentar biar keras)

6. 90rg coklat batang, potong dadu
7. 75 gr kismis. (saya tidak pakai)
8. 1 sdt vanila
9. 160 ml susu cair + 1 sdm air jeruk, diamkan 10 menit. (Yang saya pakai hanya sekitar 140 ml)

Olesan:
Susu cair


Cara:
1. Siapkan oven, set suhu 200 dc.
2. Siapkan loyang datar, alasi dengan kertas baking. Kemudian taburi dengan tepung.
3. Siapkan mangkuk besar
4. Masukkan semua bahan kering, aduk rata.
5. masukkan mentega dinginke atas campuran tepung. Cacah dengan garpu hingga seukuran jagung dan terselimuti tepung. Aduk rata.
6. Masukkan coklat dan kismis. Aduk rata, tetap dengan garpu.
7. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit. Biarkan terserap tepung dulu sebelum diaduk, kemudian aduk (tetap dengan garpu). Tambahkan susu sampai adonan menyatu dan tidak lembek.
8. Pindahkan adonan ke meja bertabur tepung dan uleni ringan beberapa kali agar adonan menyatu.
9. Bulatkan adonan dan tipiskan setebal kira-kira 2,5 cm.
10. Bagi dan potong adonan sesuai selera. dan letakkan diatas loyang.
11. Olesi dengan susu cair.
12 Oven selama 15-20 menit/ hingga permukaannya kecoklatan. Tusuk dengan tusuk gigi gi tengahnya untuk mengetes kematangan. kalau tdk ada yang menempel di tusuk gigi, berarti sudah matang.

No comments:

Post a Comment