Friday, September 2

Dadar Gulung Isi Gula Kelapa

Gb 1. Dadar Gulung Ku
Kali ini, saya mengimplementasikan resep dadar gulung, jajanan tradisional negeri tercinta.

Resep-resep dadar gulung pada umumnya menggunakan telur untuk adonan kulitnya. Nah, dadar gulung saya ini ada sedikit modifikasi sehingga aman dimakan bagi siapa saja yang alergi terhadap telur.

Berikut resepnya:
Pertama-tama, buat dulu isi dadar gulungnya dengah bahan-bahan sebagai berikut:
1. 200gr desiccated coconut (kelapa parut kering). Saya menggunakan ini karena saya tidak mau repot-repot memarut kelapa :D
2. 200gr gula jawa diiris-iris (bisa diganti gula pasir)
3. 100 ml air panas

Cara membuat isi ini adalah:
1. Larutkan gula jawa ke dalam air panas sampai larut. Kemudian saring.
2. Campurkan kelapa parut kering dengan hasil saringan air gula. Aduk sampai rata.
3. Masak diatas api kecil dan terus diaduk sampai asat. Matikan kompor dan dinginkan.

Selagi menunggu isi dadar gulung dingin, saya menyiapkan adonan untuk kulit dadar gulungnya. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:
1. 250gr tepung terigu
2. 200ml santan kara
3. 600ml air
4. 1 butir telur. Nah, untuk telur ini saya ganti dengan 1/4 cangkir tahu sutra yang saya blender menjadi krim. Jadi, kulit dadar gulung saya tidak memakai telur, melainkan memakai tahu ^_^

Cara membuat kulit dadar gulung ini adalah:
1. Campur semua bahan jadi satu dan aduk sampai tercampur rata.
2. Siapkan wajan anti lengket dan panaskan dengan api kecil.
3. Ambil 1 sendok sayur adonan dan buat dadar diatas wajan.
4. Tunggu sampai matang (jangan terlalu kering), dan langsung angkat (tidak perlu dibalik).

Begitu kulit sudah jadi, langsung isi dengan 1 sendok makan isian dadar gulung dan lipat. Lakukan sampai adonan kulit selesai.

Yuk dicoba ^_^

Suci

1 comment: