Friday, July 8

Bakso-Bakso!!!!!!!

Gb 1. Bakso Suci ^_^
Bakso.........makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di Indonesia dan banyak warung-warung bakso yang enak. Disini, Brisbane, saya belum menemukan warung bakso. Memang saya tidak berniat mencarinya. hehehehe. Kebanyakan, disini dijual pentol baksonya saja dan saya sama sekali tidak berniat untuk membelinya. Dari awal disini, saya mencoba untuk membuat bakso sendiri. Percobaan pertama saya bisa dikatakan gagal. Bakso saya permukaannya tidak bisa halus dan seperti mau 'ambyar' (pecah). Kelihatan tidak solid dan tidak kenyal sama sekali. Awalnya, saya mengira kebanyakan daging dan kurang tepung.

Selang beberapa minggu, saya mencoba membuat lagi dengan sedikit percaya diri untuk menambah jumlah tepungnya. Yaaahhhh, kali ini pasti berhasil. Saya bergumam dalam hati. Semua bahan telah siap, beef mince, tepung, telur, garam, merica. Diaduk jadi satu dan siap dibentuk bulatan-bulatan bakso. Cemplung-cemplung-cemplung, saya masukkan ke dalam air panas. Begitu mengapung, saya angkat dan saya cicipi. Oh noooooooooooooo...................................kenyal sih kenyal, tapi rasanya gak berasa dagingnya sama sekali. Malah lebih enakan cilot-cilot yang dijual di pinggir jalan atau di sekolah-sekolah di Indo daripada pentol baksoku ini. Hmmmmmmmmmmmm, percobaan kedua ini gagal total.



Akhirnya, saya belum berani untuk membuat bakso lagi. Saya cari2 resep bakso-bakso lagi di internet. Ada yang bilang pakai pengenyal daging. Kemudian saya cari pengenyal daging disini, tapi tidak ada yang jual. Saya coba pesan di toko Indo yang ada disini, katanya, dulu ada, tapi sekarang udah habis dan belum restok. Saya masih terus menunggu si pengenyal itu, katanya, mereknya 'Knorr'. Dan saya masih terus mencari si Knorr pengenyal itu. Tapi tidak ketemu juga. Dan saya masih terus search resep2 bakso di internet. Sampai suatu ketika, saya menemukan artikel tentang bagaimana cara membuat bakso bisa kenyal tanpa pengenyal. Nah, ini dia artikel yang sangat memberi harapan. hehehehehe..................maklum, pingin banget bakso made in sendiri :D

Di artikel tersebut (saya lupa alamat blognya, nanti kalau ketemu saya posting disini), disebutkan bahwa kalau membuat bakso, dagingnya harus dalam keadaan dingin biar bisa kenyal. Kemudian saya tanya ke suami saya, apa hubungannya daging dingin dengan kenyal? Suami saya bilang untuk mencarinya di internet. Nah, ketemu deh jawabannya, tapi tetep yang menjelaskan suami saya. hehehehehe............ secara, penjelasan suami saya bisa ilmiah dan selalu ilmiah dan masuk akal. hehehehehe.......

Kekenyalan ini berkaitan dengan lemak shock temperatur, dari dingin ke panas.

Kemudian saya memberanikan diri untuk mencoba resep bakso yang lama tetapi dengan proses yang berbeda. Berikut resep dan cara saya membuat bakso:

Bahan:
500gr beef mince atau gravy beef
4 siung bawang putih
1 sdt garam
1/4 sdt merica
1 telur
50 gr tepung sagu/tapioka/kanji
1 liter air panas

Cara membuat:
1. Saya terbiasa menyimpan daging di freezer. Ketika akan membuat bakso, daging saya towing tapi jangan sampai benar2 tidak beku. Ketika sudah setengah beku, tandanya yang pinggir sudah tidak beku, tapi yang tengah masih beku, daging saya potong-potong dan saya giling dalam food processor bersama bumbu yang lain.
2. Dagingnya saya beri telur dan tepung, kemudian saya uleni dengan tangan. Jika Anda tidak kuat dengan suhu dinginnya daging, gunakan irus atau alat masak anda. Uleni sampai tercampur rata.
3. Selagi menguleni dagingnya, siapkan air panas yang sudah mendidih dan letakkan di atas kompor dengan api yang sangat kecil.
4. Buat bulatan baksonya dan masukkan ke dalam air panas tadi.
5. Angkat bakso-bakso yang telah mengapung.

Tips:
Air panasnya jangan sampai mendidih bergejolak. Karena, jika bergejolak, bakso bagian tengahnya belum bisa matang.

Siap mencoba membuat bakso sendiri???

Kuah baksonya bagaimana?
hhhmmmmm............gampang sekali membuat kuah bakso.
Air sisa untuk merebus bakso tinggal ditambah 6 siung bawang putih halus, kaldu ayam bubuk, garam, gula dan merica. Untuk bumbu kuah ini silahkan disesuaikan dengan selera rasa masing-masing.

Musim winter gini, paling enak makan bakso pedas dan panas.........hhhhmmmmmmmmmmm.......ssslllllluuuuuuurrrrrppppp ^_^

O iya, untuk sambalnya, cukup haluskan cabai rawit dan bawang putih (1/2 siung), kemudian tambahkan sedikit kuah baksonya.

Selamat mencoba semuanya ^_^


Suci ^_^

10 comments:

  1. wuihh.. bisa dicba tipsnya...
    belom pernah nyoba masa bakso karena ga tega pegang dagng mentah sih sebenrenya...

    tapi semangat deh. mumpung aku yg diindonesia. Siapa tahu bisa buka warung bakso lebih dulu.. :P

    ReplyDelete
  2. to pak Danirachmat, monggo dicoba resepnya. Nti kalo sudah buka warung, saya ngicipi ya ^_^

    ReplyDelete
  3. thx resep dan tipsnya mbak, karena aku juga mau bikin bakso pake daging yang sudah aku simpan di freezer. jadi gak ragu2 lagi mau bikinnya... ^^

    ReplyDelete
  4. Sama-sama, mbak Vhita Hani. Semoga baksonya berhasil ya :)

    ReplyDelete
  5. Berulang kali saya coba bkin tapi hasilnya bakso gak terlalu kenyal ..dan rasanya sangat empuk

    ReplyDelete
  6. kepada Anonymous :
    Memang hasil baksonya tidak seperti kenyalnya bakso2 yang dijual itu. Karena bakso2 yang dijual itu biasanya ada bahan pengenyalnya. Mohon saya dikoreksi jika salah.
    Beda bahan dan proses juga mempengaruhi hasilnya :)

    ReplyDelete
  7. kenapa tengahnya blm matang, padahal sdh dicoba air tidak mendidih, dan coba air mendidih... tapi tengah tetep tidak matang... apa ada penyebab lain... thanks mbak

    ReplyDelete
  8. barusan bikin daaaan rasanya kaya cilot huftttt

    ReplyDelete