Monday, February 27

Sayur Bening

Gb 1. Sayur Bening
Musim panas gini memang enak makan yang seger-seger.
Pas belanja, saya nemu gambas dan membelinya. Sampai di rumah, saya bermaksud untuk memasaknya menjadi sayur bening.

Untuk memasak sayur bening (bukan sop ataupun asem), mama saya biasanya memakai bumbu temu kunci untuk menambah kesegarannya dan rasa khas sayur bening. Tapi disini, saya belum menemukan temu kunci. Akhirnya saya googling pengganti si temu kunci ini.



Berikut resep yang saya pakai:
Bahan:
2 buah wortel, kupas dan iris bundar
1 gambas besar, kupas dan potong
1 ltr air
2 cm jahe segar, geprek saja
6 helai basil leaf (daun kemangi)
2 siung bawang putih, haluskan
1 siung bawang merah, haluskan
1,5 sdt garam
2 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Rebus air bersama bawang merah putih sampai mendidih
2. Masukkan wortel dan jahe. Biarkan mendidih lagi.
3. Masukkan gambas, garam dan gula. Biarkan mendidih. Kemudian masukkan basil.
4. Setelah mendidih, matikan kompor dan siap dihidangkan

#Jangan lupa dicicipi dulu, jika kurang asin, ditambah garam. Jika kurang manis, ditambah gula. Jika keasinan atau kemanisan, ditambah air.


Rasanya sama dengan memakai temu kunci :)

Selamat memasak ^_^

No comments:

Post a Comment