Monday, February 11

Mie Pangsit [Noodle with Chicken Springkle]

Gb 1. Mie Pangsit
Noodle with chicken springkle, itulah nama alias yang diberikan anak saya kepada Mie Pangsit. Kami sekeluarga suka mie. Mie goreng ataupun mie kuah, semua suka.

Mie pangsit ini sebenarnya sangat mudah dan bumbunya juga sangat sederhana. Mari dicoba!

Bahan dan bumbu:
1. Mie telur

2. Minyak sayur/olive
3. Bawang putih
4. Jahe
5. Merica
6. Gula pasir
7. Garam
8. Kaldu ayam cair ataupun serbuk
9. Daun bawang pre/locang/spring onion, iris tipis 
10. Ayam cincang, cincang kecil-kecil
11. Wortel [optional], potong dadu
12. Jamur [optional], cincang kecil-kecil
13. Kerupuk pangsit goreng
14. Air
15. Selada
16. Brambang goreng

Cara membuatnya:
1. Siapkan air panas untuk merendam mie telur. Rendam mie telur sampai kenyal dan tiriskan. Setelah airnya hilang, campur mie dengan minyak sayur (sekitar 1-2 sendok makan, atau sesuaikan denga banyaknya mie). Campur merata. Tujuannya supaya mie tidak lengket satu dengan yang lainnya.
2. Siapkan bahan untuk springklenya. Parut bawang putih dan jahe. Saya menggunakan 4 siung bawang putih dan 1,5 ruas jari jahe untuk 500gr ayam cincang+2 wortel+6 buah button mushroom. Panaskan wajan dan beri sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bawang putih, jahe dan daun bawang. Tumis sampai harum. Masukkan ayam dan terus ditumis. Masukkan wortel dan jamur. Terus tumis. Kemudian masukkan garam, gula pasir dan merica bubuk (kira-kira 2sdt garam, 3 sdt gula, 1 sdt merica). Cicipi dulu untuk memastikan rasanya. Sringkle sudah siap disajikan.
3. Siapkan bahan kuahnya. Panaskan kaldu cair atau air (bila memakai kaldu bubuk). Biarkan mendidih. Kemudian masukkan bawang putih parut, jahe parut, kaldu bubuk (juka paki kaldu bubuk), garam, gula, merica. Cicipi rasanya dan biarkan mendidih lagi. Setelah mendidih, matikan kompor dan masukkan irisan daun bawang.
4. Mie pangsit ditemani krupuk pangsit yang kriuk pasti lebih nikmat. Untuk membuat krupuk pangsit ini, saya memakai resep SSS. Hanya saja, bentuk potongannya saya buat segi empat.
5. Siapkan mangkuk kosong. Atur rapi daun selada, kemudian masukkan mie, taburi dengan taburan ayamnya, siram dengan kuahnya, taburi dengan brambang goreng dan letakkan krupuk pangsit gorengnya diatasnya. Jangan lupa tambahkan cabe atau sambal segarnya bagi yang suka pedas.

Selamat Makan ^_^

No comments:

Post a Comment