Monday, February 11

Udang Bakar Mentega [UBM]

Gb 1. UBM 
Udang.......seafood yang satu ini dimasak apa saja pasti enak :)

Punya stok udang di friser, pingin makan udang tapi lagi malas memasak?

Mari dicoba menu UBM ini. Saya sendiri ketika memasaknya juga lagi malas memasak. Dan ketika menyiapkan semua persiapannya, sambil saya selingi dengan bermain bersama anak saya.



Persiapannya:
1. Siapkan udang bersih. Maksudnya tanpa kulit, kepala dan kotorannya. Biar ketika makan tidak susah-susah menguliti si udangnya. Saya memakai banana prawn.
2. Cuci bersih si udang dan tiriskan. Kemudian lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan minimal 10 menit. Setelah itu cuci bersih lagi dan tiriskan.
3. Kemudian, lakukan springkle-springkle diatas si udang ini. Springkle yang pertama adalah grind 4 seasons pepper (atau bisa memakai merica bubuk). Kemudian springkle lagi dengan gula dan garam. Dan, springkle yang terakhir adalah Thyme. Kemudian aduk rata menggunakan tangan biar bumbunya merata, semua udang terbumbui. Biarkan kurang lebih 30 menit.
4. Siapkan wajan bakar, beri sedikit mentega, biarkan cair. Masukkan udang dan bakar sampai matang. Jangan lupa dibalik ya.
5. Sajikan bersama nasi putih hangat, jamur bakar, sambal tomat dan lalapan.

note:
jika tidak punya thyme, bisa dihilangkan. Thyme ini untuk menambah rasa dan aroma. Dia tergolong dalam herb. Saya memakai yang kering, karena yang segar masih dalam tahap pertumbuhan di kebun.

Happy cooking and eating ^_^

No comments:

Post a Comment