Monday, April 1

Apple Pie

Gb 1. Apple Pie (looks like moon cake)
Apakah repot bikin pie apel?
Setelah saya mencari-cari resepnya dan membaca dengan seksama, akhirnya saya menemukan resep apple pie yang mudah dan tentu saja enak. Teman-teman kantor suami saya juga pada suka. Padahal mereka bule-bule yang pastinya sudah terbiasa makan apple pie.



Resep yang saya pakai adalah sebagai berikut.

Bahan kulit:
1. 250 gr mentega tawar. Saya memakai yang agak asin.
2. 250 gr tepung terigu. Saya memakai tepung homebrand saja :)
3. 75 gr gula putih.
4. 2 sdm air es.

Bahan isi:
1. 1 kg apel. Kupas dan iris tipis-tipis.
2. 3 sdm air jeruk nipis

Bahan sprinkle dan campuran isi:
1. 50 gr mentega beku, potong kotak kecil atau iris tipis-tipis memanjang.
2. 200 gr gula kastor atau gula putih biasa.
3. 2 sdm tepung terigu
4. 1 sdt kayu manis bubuk
5. 1/4 sdt pala bubuk
6. 1/2 sdt garam

Olesan:
1. 2 butir kuning telur, kocok lepas

Cara membuat:
1. Siapkan isinya. Campur irisan apel yang tipis-tipis tadi dengan air jeruk nipis. Aduk-aduk biar merata. diamkan.
2. Campur bahan sprinkle jadi satu, KECUALI MENTEGA.
3. Untuk kulit, campur jadi satu semua bahannya dan uleni sampai rata. Kemudian bagi 2 dan tipiskan.
4. Siapkan loyang pie yang berukuran 24cm. Saya memakai loyang cake biasa yang berdiameter 12cm dan saya olesi minyak/mentega. Atau, juga bisa memakai mangkuk yang tahan panas.
5. Pasang kulit pie pada loyang yang digunakan.
6. Susun rapi apel pada loyang yang sudah dilapisi kulit pie. Tiap lapisan, taburi dengan bahan sprinkle dan masukkan sebagian mentega. Lakukan sampai apel habis.
7. Tutup dengan bagian kulit yang tersisa.
8. Olesi dengan kuning telur
9. Panggang di dalam oven dengan suhu 180 derajad celcius selama 1 jam dan sampai harum

Selamat membuat sendiri ^_^

No comments:

Post a Comment