Wednesday, April 3

Dadar Jagung

Gb 1. Dadar Jagung
Dadar jagung......begitu saya menyebutnya. Makanan ini bisa dimakan sebagai camilan ataupun lauk.

Pertama kali membuatnya, saya meniru resep dari sini.
Kemudian, untuk yang kedua dan seterusnya, saya sedikit menambah dan mengurangi dari resep tersebut, hanya kira-kiranya yang saya pakai.

Berikut resep dadar jagung yang saya pakai.



Bahan:
1. 125 gr jagung manis pipilan. Biasanya saya memakai 4 buah jagung manis yang belum dipipil. (tidak sempat saya timbang :D )
2. 4 siung bawang putih, cincang halus
3. 4 siung bawang merah, cincang halus
4. 2 sdt ketumbar bubuk
5. 1/2 sdt merica bubuk
6. 3/4 sdt garam
7. 1 sdt gula pasir
8. 1 batang daun seledri, iris halus. Saya pakai 1 sdt daun seledri kering.
9. 2 batang daun bawang pre, iris halus
10. 1 butir telur, kocok lepas
11. 100 gr tepung terigu. Saya pakai kira-kira adonan saja. Kalau adonan sudah cukup kental, berarti tepungnya sudah cukup :D
12. 1 lbr daun jeruk purut, buang tulang daunnya dan iris halus. Ini suka-suka saya saja :)
13. 1 tangkai rose marry (kira-kira ambil 10 cm saja), iris halus. Ini opsional saja.
14. 1 tangkai dill (kira-kira ambil 10 cm saja), iris halus. Ini juga opsional saja.
15. 2 batang daun bawang putih, iris halus. Ini opsional juga.

Cara membuat:
1. Campur jadi satu semua bahan (kecuali telur dan terigu) yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk besar.
2. Aduk rata.
3. Masukkan kocokan telur dan aduk rata.
4. Masukkan tepung terigu satu sendok makan dulu dan aduk rata. Tambahkan lagi tepungnya ke dalam adonan sampai didapat adonan yang cukup kental.
5. Ambil satu sendok makan adonan dan goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kecokelatan. Lakukan sampai adonan habis.

Catatan:
1. Jagung memang sengaja tidak saya lembutkan, alasannya adalah biar jagungnya bisa "ceplus-ceplus"  ketika dimakan.
2. Waduh, kok hasilnya kebanyakan ya? tidak bisa habis untuk sekali makan. Tenang...... Apabila adonannya cukup banyak, goreng adonannya setengah matang saja, tidak sampai kuning. Setelah dingin, simpan dalam kontainer dan masukkan di freezer. Kapanpun Anda ingin makan dadar jagung, tinggal ambil di freezer dan menggorengnya. ^_^
3. Untuk bahan nomer 13, 14 dan 15, bila tidak ada, dadar jagungnya tetap enak kok :)

Selamat mendadar jagung ^_^

No comments:

Post a Comment