Wednesday, April 3

Pepes / Botok Udang Tahu [Steamed Prawn and Tofu]

Gb 1. Pepes
Kali ini adalah makanan yang bebas minyak ^_^

Sebutannya apa saja, terserah Anda. Di dalam kamus saya, saya menyebutnya pepes atau botok.

Pepes saya kali ini mencontoh cara masaknya Paklik Nguyen, tapi rasanya tetap rasa lidah saya, rasa Jawa-Indonesia :)



Dan pepes saya ini tidak pakai repot dan tidak pakai daun pisang ataupun alumunium foil. Sangat cepat dan praktis membuatnya.

Bahan :
1. Udang kupas, kira-kira 200 gr
2. Tahu, saya memakai fish tofu, kira-kira 100 gr, potong dadu
3. Santan kental, kira-kira 155 ml
4. Telur, 1 butir saja dan kocok lepas
5. daun jeruk purut, 1 lembar dan cincang lembut
6. daun kemangi, kira-kira 10 lembar dan cincang lembut
7. daung bawang putih, 2 helai dan cincang lembut
8. daun bawang pre, 1 helai
9. daun serai, 1 helai panjang
10. daun salam, 2 lembar
11. bawang putih, 4 siung dan cincang lembut
12. bawang merah, 4 siung dan cincang lembut
13. garam, kira-kira 1,5 sdt
14. gula, kira-kira 2 sdt
15. kencur bubuk, kira-kira 1/4 sdt
16. Laos bubuk, kira-kira 1/2 sdt

Cara membuat:
1. Campur jadi satu semua bahan diatas.
2. Kemudian tuang ke dalam wadah tahan panas untuk dikukus.
3. Kukus selama 20 menit.
4. Siap dimakan

Tambahan: Bisa ditambah kunyit biar warnanya kekuningan.

Salam pepes ^_^

No comments:

Post a Comment