Friday, May 27

Big Red Onion (Bawang Merah)

Gb 1. Red Onion
"Apa tu ma?" ......pertanyaan yang terlontar dari mulut Wena kepada saya ketika dia melihat foto Gb 1 di handphone saya. Wena memang gemar sekali melihat-lihat galeri foto di hape saya. Begitu saya melihat foto yang dia tanyakan, langsung saya jawab "itu brambang-red onion-big red onion". Lanjut dia menirukan "bambam-yed enion-big". Alhamdulillah, Wena sudah mulai kritis untuk bertanya :)



Bawang merah yang dalam bahasa Inggris disebut red onion ini seperti tampak pada gambar Gb 1 di atas. Wow...besar amat....hehehehehe......
Gambar itu saya ambil dari red onion produk Australia. Bawang merah disini memang kebanyakan besar-besar. Bawang merah kecil yang seperti di Indonesia sangat jarang dijumpai disini. Kalaupun ada, harganya mahal sekali.

Big red onion ini bentuknya sama seperti bawang bombay dengan aroma yang sama dengan bawang merah yang kecil. Khasiatnya juga sama dengan yang small one.

Bicara tentang bawang merah yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan "Brambang", jadi ingat tips bawang merah dari teman saya, mbak Yani Mustiandari. Tipsnya adalah sebagai berikut:

"selalu sediakan bawang merah kupas yang telah diiris ujung-ujungnya (bawang merah kecil) sebanyak 5 butir dan taruh di wadah, boleh mangkuk atau piring kecil, kemudian taruh di tempat-tempat yang sering kita gunakan di dalam rumah kita".

Tips tersebut berguna untuk menghindarkan penghuni rumah dari flu, begitu kata beliau.

Nah, ketika saya diskusikan hal ini dengan suami saya, suami saya menjelaskan secara lebih ilmiah tentang tips diatas. Kenapa bawang merah bisa menghindarkan flu? Penjelasannya adalah sebagai berikut:
bawang merah mempunyai ciri dan sistem kerja untuk menyerap racun, jadi dengan menaruh potongan bawang merah di ruangan yang sering kita gunakan diharapkan racun-racun yang ada di ruangan itu akan diserap oleh si bawang merah. Sehingga racun-racun yang akan menyerang tubuh kita bisa diminimalisir oleh si bawang merah.

Itulah penjelasan dari suami saya dan sangat masuk akal.

Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya. ^_^

O iya, jangan lupa untuk selalu mengganti potongan bawang merahnya jika sudah mengering. ^_*



"Feel free to leave your comment below ^_^. Thank you"


Sponsor's Link
===============================================================


    
     

No comments:

Post a Comment