Monday, July 11

Cara Membuat Tempe (How to Make Tempe)

Lanjutan dari artikel Tempe saya sebelumnya, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat tempe ala Suci. Tempe saya ini saya sebut tempe sopan. Kenapa sopan, karena tempe saya ini cara membuatnya tidak saya injak-injak pakai kaki, melainkan saya kupas kulit kedelainya satu demi satu dengan penuh kasih sayang. ceeeee   iiiii   llllleeeeee............. hehehehehehe

Berikut cara membuat tempe:
Gb 1. Kedelai direndam
1. Rendam kedelai semalaman jika Anda memakai air dingin. Kalau saya, biasa memakai air mendidih, sehingga kedelai bisa segera dikupas setelah airnya hangat. Ini bisa menyingkat waktu perendaman.

2. Kupas kedelainya dan belah kedelainya. Kebanyakan pengrajin tempe, langkah ini dilakukan dengan menginjak-injak kedelai, mungkin karena mereka bikinnya banyak banget, sampai puluhan kilo. Kalau saya, karena bikinnya sedikit, sesuai pesanan saja, dan saya tidak tega untuk menginjaknya, saya gunakan cara mengupas dan membelah satu demi satu kedelai dengan tangan. Selain itu, dengan cara saya ini, bisa memastikan kalau kedelainya sudah terbelah semuanya. Dan juga, cara ini lebih menghemat air. :)


3. Cuci bersih kedelai yang sudah terbelah.

4. Rebus kedelai tadi sampai empuk digigit.

5. Setelah empuk, segera tiriskan dan keringkan sampai benar-benar kering.
Gb 2. Kedelai terbelah

6. Beri ragi sesuai dengan petunjuk penggunaan ragi pada kemasannya.

7. Saatnya pengemasan. Karena minim daun pisang, tempe saya, saya kemasi dengan plastik yang saya lobangi dengan tusuk gigi.

8. Pengeraman. Karena saya mulai membuat tempenya pas akhir musim gugur menjelang musim dingin, setiap kemasan tempe saya selimuti dengan serbet biar tidak kedinginan. Pengeraman ini dilakukan kira-kira 3 hari.

Sebenarnya, untuk membuat tempe itu tidak sulit bukan????

Gb 3. Tempe jadi

O iya, saya terima pesanan tempe segar untuk wilayah St. Lucia, Brisbane, QLD.
Untuk raginya, saya juga melayani jika ada yang mau beli.
Just mail to : ciciid@yahoo.com

Terima kasih ^_^

Tetep aja, promosi jalan teruuuuuuuussssssssssssss. hehehehehe

Salam t.e.m.p.e..k.u,
Suci

No comments:

Post a Comment