Thursday, April 14

Crunchy Tumis Terong

Cari-cari resep tumis terong ataupun terong balado di internet, sebagian besar terong harus digoreng terlebih dahulu.
Di pagi hari, saya harus menyiapkan makanan dengan cepat karena suami harus berangkat sebelum jam 8 pagi dan bekal untuk makan siang harus sudah siap.
Di pagi itu, saya tidak ada ide akan membuat menu apa. Suami saya request tumis terong saja, yang gampang. Saya langsung search di internet dan menemukan banyak sekali resep untuk tumis terong. Saya juga search resep untuk terong balado. Dari kedua macam resep itu, sebagian besar terong harus digoreng dulu. Waduh, kalo pakai acara menggoreng terong dulu, waktunya tidak cukup. Akhirnya, saya membuat resep sendiri untuk memasak Crunchy Terong Balado ala Suci dengan referensi beberapa bumbu dari resep-resep yang telah saya baca.


Berikut adalah bahan, bumbu dan cara membuat Crunchy Terong Balado.


Bahan:
200gr terong ungu yang masih baby, potong serong setebal lebih kurang 1 cm.

Bumbu:
3 buah cabe merah besar, iris serong dan tipis
3 buah cabe hijau besar, iris serong dan tipis
4 siung bawang putih, cincang halus
4 siung bawang merah, cincang halus
9 buah cabe rawit merah, iris serong
2 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
minyak untuk menumis
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 cm lengkuas

Cara membuat :
Tumis semua bumbu sampai harum dan layu, kecuali kecap manis, kecap asin, garam dan gula pasir. Kemudian masukkan terong. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata. Masukkan sisa bumbu lainnya. Kemudian aduk rata dan angkat. Siap disajikan.

Terong akan terasa lebih segar dan tidak layu.

Bila terong sudah habis dimakan dan bumbu-bumbunya masih ada, bumbu ini bisa Anda buat menjadi sambal matang yang tentu saja sedap.

Selamat mencoba dan menikmati ^_^


-Suci-

No comments:

Post a Comment